Proposal Kegiatan Rumah
Martabak
BAB I Pendahuluan
A.
Latarbelakang
Dalam suatu pemasaran
banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga
yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan
sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan
aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan
tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia
dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut
bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan
terlalu mahal.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah "Martabak". Dengan pembuatan Martabak yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Rumah Martabak sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Rumah Martabak" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.
B.
Visi dan misi
Visi
o
Mempunyai
daya tarik sehingga tidak ada keinginan untuk tidak berhenti berjuang
mewujudkannya.
o
Harus
realistis artinya ada kemungkinan untuk dicapai serta mempunyai daya antisipasi
terhadap perubahan masa.
Misi
1.
Mendekatkan
diri dengan tujuan/harapan yang diinginkan.
2.
Memanfaatkan
kemampuannya.
3.
Membuat
penerangan arah jalan hidupnya.
4.
Menciptakan
power sewaktu mengalami kelesuan dan mempertahankan semangat sewaktu di puncak
kesuksesan.
C.
Status usaha
Usaha baru
dan berkembang untuk memenuhi permintakan pasar yang ada. Dimana salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga
lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak
dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.
D.
Tujuan kegiatan
Tujuan membuka usaha ini yaitu:
1.
Potensi
penghasilan yang tidak terbatas. Penghasilan yang kita peroleh tergantung dari
kinerja dan usaha kita,karena kita adalah bosnya.
2.
Dapat
memaksimalkan kemampuan yang kita miliki.Kemampuan berupa ide,kreatifitas,
kelihaian menjual, negosiasi dan berkomunikasi maka gairah usaha kita akan
berlipat ganda dan inilah yang akan mendatangkan hasil maksimal.
3.
Lebih
bebas mengatur tritme ( irama ) kerja sendiri. Kita dapat mengatur sendiri
waktu kerja kita, apalagi jika kantor usaha kita di rumah sendiri.
4.
Pengembangan
sikap mental yang lebih mandiri. Kita dituntut untuk dapat bersikap mandiri
dalam menjalankan usaha kita, mengambil keputusan secara tepat dan cepat.
5.
Kepuasan
atas keberhasilan. Perasaan puas atas keberhsilan usaha merupakan salah satu
faktor yang mendorong seseorang untuk berbisnis. Hal ini menimbulkan motivasi
tersendiri bagi banyak pengusaha sukses untuk selalu berusaha menjadi yang
terbaik
6.
Untuk
membuka lapangan kerja.
7.
Mencari keuntungan/laba
8.
Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal
9.
Mencapai target penjualan
Bab II
Metode Pelaksanaan
A.
Produk
Jenis produk yang akan kami
buat adalah makanan terbuat dr adonan terigu, telur, gula, yg ditaburi bubuk
kacang tanah, perasa dan cokelat, kemudian dipanggang dan dilipat.k
B.
Aspek Pasar
Dimana aspek pasarnya
yaitu :
- Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus
mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat
diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
- Menentukan objek pasar
- Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus
menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat
(konsumen)
- Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan
target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah
dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.
C.
Aspek Produksi
BAHAN KULIT :
Tepung
terigu protein sedang 1500 gram
Gula pasir
400 gram
Vanili 1
sendok teh
Kuning
telur 6 butir
Air 1950 ml
Soda kue
1,5 sendok teh
BAHAN ISI DAN OLESAN:
Gula pasir
± 100 gram, untuk taburan
Kacang
tanah sangrai 100 gram, tumbuk kasar
Meses 100
gram
Susu kental
manis 100 ml
Mentega/margarin
100 gram
Proses Produksi /cara membuat:
- Campur
terigu, gula pasir, vanili, dan garam, aduk rata.Buat lubang di bagian tengah tepung, tambahkan
kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan
kental ± 10 menit. Diamkan adonan selama 1-3 jam.
- Larutkan
soda kue dengan 2 sendok makan air dan masukkan ke dalam adonan martabak manis
sesaat sebelum adonan dicetak. Panaskan cetakan martabak manis di atas api
sedang, lap hingga bersih.Tuang adonan martabak manis secukupnya, ratakan
adonan hingga tepi cetakan.
- Masak
hingga serat atau lubangnya terbentuk hingga kebagian tengah. Taburi gula pasir
secukupnya, masak hingga gula mencair dan tepi kue kecokelatan.
- Taburkan
bahan isi (kacang dan meses) sesuai selera.
- Tambahkan
susu kental manis.
- Angkat
dengan kape atau solet stainles stell dan letakkan diatas papan pemotong.
- Lipat
membentuk 1/2 lingkaran, oles seluruh permukaannya dengan mentegaimargarin
hingga rata.
- Potong
sesuai selera dan sajikan.
D. Aspek Keuangan
1. Apsek Modal
- bangunan Rp. 30.000.000,-
- bangunan Rp. 30.000.000,-
- peralatan Rp.
20.000.000,
- perlengkapan Rp.10.000.000,-
-wajan Rp. 20.000.000,-
-wajan Rp. 20.000.000,-
- Bahan Baku
1. Terigu 2 kg Rp 14.000
2. Telur 1 kg Rp 12.000
3. Gula Pasir 1 Kg Rp 10.000
4. Air Rp-
5. Garam Rp 2.000
6. Soda kue Rp 3.000
7. Blue Band Rp 5.000
8. Pewarna kuning Rp 3.000
9. Fermipan Rp 3.000
----------
Rp. 53.000
- Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2 kg Rp 5.000
2. Meises Rp 5.000
3. Keju Rp 11.000
4. Susu kental manis Rp 7.000
5. Wijen Rp 5.000
-----------
33.000
- Modal
bagunan+peralatan+perlengkapan+Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos angkut=
Rp50.000.000 + Rp20.000.000 + Rp
10.000.000+ Rp 53.000 + Rp 33.000 + Rp 25.000 + Rp 2000 = Rp 80.113.000,-
BAB
III
Target
Luaran
3.1 Target Produk
Kriteria martabak ini memiliki kelayakan
bersih dan sehat dari dinas kesehatan,secara fisik dan rasa.
Makanan yang kami produksi terbebas daru
partikel-partikel kecil yanng berbahaya ,dengan proses produksi yang sangat
steril kadar bakteri dapat berkurang dalam waktu yang singkat.makanan yang
dihasilkan cukup terjaga karena disuply langsung dari proses produksinya
Kuantitas
makanan yang kami produksi sesuai dengan seberapa besar permintaan konsumen
setiap hari nya,kami mengharapkan target per hari 60 dapat tercapai dengan
memberikan bonus atau pelayanan yang sangat baik agar konsumen menjadi langganan
pada usaha yang kami dirikan
3.2
Target konsumen
Pasar
sasaran yang kami tuju adalah masyarakat sekitar dan sebagainya.
3.3
Target Pendapatan
Target
penjualan 60 perhari
ü Biaya listrik =Rp. 100.000/bulan
ü Kotak (10 pack X Rp 32.000) = Rp. 320.000/bulan
ü Tisue(30 pack X Rp 2000) = Rp. 60.000/bulan
ü Gaji karyawan (6 X @ 600.000) = Rp.3.600.000/bulan
ü air/bulan =
Rp 600.000/bulan
= Rp 4.200.000 /bulan
Dengan asumsi Harga Rp 14.000/perkotak
martabak,maka pendapatan yang akn diperoleh adalah
=Rp 14.000 X 60/ per kotak=Rp 8.400.000
Modal yang diperlukan Rp.4.200.000
Laba bersi yang diperoleh = Rp 8.400.000 -
Rp.4.200.000
= Rp
4.200.000
Bab IV organisasi perusahan
A. Personil dan tugasnya:
Dalam melakukan usaha tersebut Ada 5 orang personil dan tugasnya yaitu:
1.
Pungky suryamarga sari : Pemilik Berserta Karyawan
2.
Putri aulia :
Pemilik Berserta Karyawan
3.
Puput wijaya :
Pemilik Berserta Karyawan
4.
Randa yusa :
Pemilik Berserta Karyawan
5.
Rahmad raflialdi :
Pemilik Berserta Karyawan
B. Pendamping
Adapun dalam melakukan usaha ini kami
didamping oleh :
-
Reni yuliviona, SE,MM.
BAB V
Potensi
Khusus
5.1
Peluang Komersial
Lokasi
dan pelayanan usaha rumah martabak berdampak pada tingginya persaingan ,oleh
karena itu faktor lokasi perlu ditetapakn dengan matang dan kualitas pelayanan
perlu ditingkatkan .
karena
apabila lokasi yang strategis dapat memberikan peluang keuntungan yang yang
menjanjikan,target akan dapat tercapai dan pemasaran akan berjalan dengan
lancar,begitu juga dengan pelayanan kepada konsumen,apabila pelayanan sangat
baik akam membuat konsumen puas dengan usaha ini.
5.2
Peluang Patent/Haki
Pelaksanaan
usaha rumah martabak dalam kaitan nya dengan perlindungan hukum bagi konsumen
suatu makanan,harus ada kesadaran produsen untuk memninta izin usaha serta
mematuhi perundang-undangan yang berlaku,
Usaha
ini harus memiliki surat rekomendaris dari uji makanan dari laboratorium dinas
kesehatan dan sesuai denag izin dan tempat usaha, hal ini juga berfungsi untuk
meyakinkan konsumen bahwa Martabak dan aman untuk dikonsumsi
5.3
Peluang Legalitas
Perizinan
dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan perkembangan usaha
ü surat izin tempat usaha
ü surat izin perdagangan
ü surat izin dari dinas kesehatan
ü suarat izin perindustrian
5.4 Analisa Swot
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
Bahan produk yang terjamin dan higienis
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama
Produknya mudah ditiru
3. Opportunity (Peluang)
Tempat Strategis
Fasilitas yang cukup memadai
4. Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
5.5 Analisa 4P
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah " Rumah Martabak " yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2. Price (Harga)
Harga perporsi Rp 14.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
5. Place (Tempat)
Tempat:
jalan jhoni anwar no 30
VI. Penutup
Harapan saya untuk produk " Rumah
Martabak " Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju.
Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang,
karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
Denah Lokasi
Simpang tinju
|
jati
|
Jln Jhomi awar / lapai
|
Khatib
|
siteba
|
Lembaran pegesahan
Rumah Martabak
Disusun oleh:
Kelompok 6
Nama anggota:
1.
Pungky suryamarga sari (1030072)
2.
Putri aulia (1030074)
3.
Puput wijaya (1030073)
4.
Randa yusa (1030077)
5. Rahmad raflialdi (1030076)
Padang, 26 desembar 2012
Mengetahui
Dosen pembimbing
(Reni yuliviona, SE,MM.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar